Sekjen Kemenag Lantik 74 Pejabat Fungsional Perencana

 Umum

Jakarta, — Sekjen Kemenag Nur Syam melantik 74 pejabat fungsional perencanan di lingkungan Kementerian Agama. Mereka terdiri dari 36 perencana muda dan 38 perencana pertama.

Pelantikan yang berlangsung di Jakarta ini dugelar bersamaan dengan Lokakarya Nasional Jabatan Fungsional Perencana kemenag tahun 2018. Tampak hadir Kepala Biro Perencanaan Ali Rokhmad. Lokakarya ini mengangkat tema Penguatan Perencana untuk Perencanaan yang lebih Berkualitas.

Dalam sambutannya, Nur Syam mengingatkan tentang lima pasti dalam perencanaan yang baik.

“Pertama, pastikan komitmen dalam penyusunan perencanaan. Komitmen yang dimaksud adalah kesepakatan pikiran dan hati,” terang Nur Syam, Selasa (13/02).

“Kedua, pastikan ada koordinasi antar unit agar memiliki perencanaan yang baik. Koordinasikan rencana kegiatan ke atas, ke samping, dan ke bawah,” sambungnya.

Pesan ketiga adalah memastikan perencanaan didasarkan pada data. Untuk itu, perencana harus memiliki bank data, sehingga bisa mengevaluasi apakah suatu kegiatan masih relevan untuk diteruskan di masa mendatang atau tidak

“Jangan lakukan copy paste kegiatan, karena saya melihat masih banyak kegiatan yang copy paste dengan tahun lalu,” ujarnya.

Keempat, pastikan sasaran kinerjanya. Menurut Menag, perencana perlu memperhatikan indikator kinerja setiap kegiatan.

Hal kelima, pastikan output dan outcome untuk kepentingan rakyat. “Dalam menyusun perencanaan anggaran, hal yang wajib diingat adalah anggaran yang digunakan untuk membiayai seluruh program dan kegiatan adalah uang rakyat,” tandasnya. (AR)

Gak Pake #Mahal

No Responses

Leave a Reply