Serah Terima Jabatan Komandan Guspurla dan Komandan Satban Koarmada I

 TNI/Polri
[otw_is sidebar=otw-sidebar-6]


Jakarta- Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono SE MM, bertindak selaku inspektur upacara pada Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Guspurla Koarmada I dari Laksamana Pertama TNI Irvansyah kepada Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, dan Komandan Satban Koarmada I dari Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo kepada Kolonel Laut (P) Donny Suharto, di geladak heli KRI John Lie-358, Rabu (18/9).

Serah terima yang dilaksanakan di KRI dengan berlayar ini, merupakan pesan bahwa Guspurla Koarmada I adalah kekuatan yang harus terus hadir di laut dalam mengemban tugas penegakkan kedaulatan dan hukum di laut, untuk menjamin stabilitas dan keamanan di laut yurisdiksi nasional.

Penyegaran organisasi melalui rotasi jabatan-jabatan strategis merupakan salah satu upaya dalam menghadapi tantangan yang ada, baik pada tingkatan nasional, regional maupun global yang semakin kompleks, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada I dituntut untuk mampu mengantisipasi serta merespon tantangan tersebut dengan baik.

Hal ini bertujuan agar organisasi dapat memiliki kinerja berkesinambungan dan selalu optimal yang bersumber dari pemikiran-pemikiran baru dan segar sehingga mampu mengikuti perubahan lingkungan strategis yang selalu berubah secara dinamis.

Guspurla Koarmada I sebagai komando pelaksana operasi, yang mengemban tugas melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut, yang meliputi operasi tempur laut dan operasi amphibi, baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka penegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Sedangkan Satuan Kapal Bantu Koarmada I sebagai komando pelaksana pembinaan, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang pembekalan di laut serta bantuan logistik mobil dalam meningkatkan kemampuan tempur Koarmada I.

Diharapkan, melalui serah terima jabatan ini, akan lahir gagasan, ide-ide cemerlang dan inovasi untuk meningkatkan kinerja organisasi Koarmada I secara bersama-sama melalui komitmen bersama, sesuai dengan bidang yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing, untuk mewujudkan Koarmada I yang profesional dan modern. Selain itu, juga untuk mendukung kebijakan pemimpin dalam mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional dan modern serta berkemampuan untuk melaksanakan proyeksi regional dan berkomitmen global, serta kebijakan negara dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kas Koarmada I, Para Danlantamal Jajaran Koarmada I, para Asisten Pangkoarmada I, Kadis/Kasatker Mako Koarmada I, dan para Komandan Satuan jajaran Koarmada I.(Putra).

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Related Post

    No internet connection No internet connection

No Responses

Leave a Reply