Sebanyak 7 Perwira Remaja AAL Angkatan 63 Perkuat Kolinlamil

 TNI/Polri

Panglima Kolinlamil Laksda TNI R Achmad Rivai SE MM, dalam upacara penerimaan perwira remaja AAL angkatan 63 Lapangan M. Silam, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.(Dispen Kolinlamil).

Jakarta- Sebanyak 7 orang perwira remaja berpangkat letnan dua lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-63 tahun 2017, resmi memperkuat jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Para perwira remaja itu diterima langsung Panglima Kolinlamil Laksda TNI R Achmad Rivai SE MM, dalam upacara tradisi khas TNI AL di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (12/11).

Sebanyak 7 perwira remaja tersebut terdiri dari 3 orang korps pelaut (2 orang perwira kowal) dan 4 orang korps teknik.

Pada upacara yang digelar siang hari, Pangkolinlamil didampingi Ketua pengurus gabungan jalasenastri Kolinlamil menyiramkan Tirta Amerta Putera Samudera Dewaruci, kepada para perwira remaja, setelah mengucapkan ikrar.

“Tirta Amerta Putera Samudera Dewaruci itu berarti air kehidupan bagi prajurit matra laut. Hal ini mengandung makna bahwa laut adalah tempat lahir dan medan juang kalian dalam mengabdi kepada nusa dan bangsa,” kata Laksda TNI R Achmad Rivai SE MM, saat menyampaikan amanat pada upacara penerimaan itu.

Dalam amanatnya Panglima Kolinlamil juga menyampaikan, kepada para perwira remaja bahwa ini adalah penempatan awal dalam penugasan menempati jabatan sebagai perwira divisi.

“Strata perwira dalam struktur jabatan militer memiliki peran strategis untuk mampu bertindak sebagai pemimpin dengan senantiasa mengedepankan keteladanan dalam sikap dan perbuatan” ujar Panglima Kolinlamil.

Selain itu, perwira juga harus mampu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta dapat menemukan solusi dalam setiap permasalahan yang muncul dilingkungan kerjanya.

Ditambahkan pula, prosesi tradisi penerimaan yang dilakukan oleh ketua pengurus gabungan jalasenastri Kolinlamil ini memiliki makna betapa besar perhatian seorang ibu untuk memberikan bekal dan doa restu kepada perwira remaja agar selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa ketika melaksanakan penugasan dan menempuh karier.

Menurutnya, tradisi penerimaan yang digelar bertujuan menunjukkan kepada para perwira remaja, menggambarkan dimulainya karier mereka di lingkungan TNI AL.

Acara penerimaan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Panglima Kolinlamil didampingi Ibu ketua PG Jalasenastri Kolinlamil, Kas Kolinlamil, para pengurus PG Jalasenastri Kolinlamil, pejabat utama, kasatker dan Kadis serta seluruh peserta acara yang hadir.(Putra).

No Responses

Leave a Reply