Satfib Koarmada I Menggelar Latihan Gerakan Kapal ke Pantai

 Pendidikan
[otw_is sidebar=otw-sidebar-6]


Jakarta- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit, Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada I menggelar Latihan Embarkasi Debarkasi dan Latihan Gerakan Kapal ke Pantai bertempat di Perairan Pulau Bokor, Minggu (22/12).

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali SE MM, saat briefing latihan menyampaikan bahwa embarkasi debarkasi gerakan kapal ke pantai merupakan sebagian dari tahap serbuan dalam operasi amfibi yang meliputi pengembangan pasukan pendarat dengan perlengkapan tempur dari kapal-kapal angkut ke daerah pendaratan yang telah ditentukan. Dengan dilaksanakan latihan ini diharapkan Satfib Koarmada I mampu mendebarkasikan kendaraan tempur marinir dengan aman serta menyiapkan sekoci karet atau sekoci pendarat kapal ke pantai lintas permukaan.

“Fungsi asasi Kapal Satuan Amfibi adalah power projection membawa pasukan pendarat beserta peralatan tempurnya untuk didaratkan di pantai pendaratan yang sudah atau berpotensi dikuasai oleh musuh sehingga secara keseluruhan menjadikan latihan embarkasi debarkasi serta latihan gerakan kapal ke pantai sebagai tolak ukur giat pembinaan yang dilaksanakan di Satfib Koarmada I,” ujarnya.

“Diharapkan personel yang terlibat dalam latihan ini mempunyai kemampuan teknis taktis dan prosedur dalam melaksanakan proses embarkas, debarkasi serta tahap serbuan amfibi melalui gerakan kapal ke pantai lintas permukaan,” tuturnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dermaga Baseplate Kolinlamil dan Perairan Pulau Bokor dengan rute Teluk Jakarta-Laut Jawa-Perairan Pulau Bokor. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya latihan serial-serial selama menuju DSA, peran jangkar, peran tempur bahaya umum, peran memantai, peran buka sayap rampa, debarkasi/embarkasi ranpur, melaksanakan re track, peran pemanduan, dan peran muka belakang.

Kegiatan latihan ini melibatkan 75 personel terdiri dari Unsur KRI Teluk Cirebon-543, KRI Teluk Sabang-544, Satkopaska Koarmada I, Dislambair Koarmada I, Tim Kolat Koarmada I, Tim Ranpur Marinir, Tim Dispen Koarmada I, Tim Kesehatan, dan Panitia Pelaksana.(Putra).

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Related Post

    No internet connection No internet connection

No Responses

Leave a Reply