PPPPTK Matematika Siapkan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

 Nasional

Yogyakarta,  — Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK Matematika) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan pelatihan implementasi Kurikulum 2013 bagi guru sasaran di dua provinsi. Pelatihan ini akan diselenggarkan pada tanggal 16 April sampai dengan 8 Mei 2018 di Provinsi Sumatra Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hari Rabu (11/8/2018), Kepala PPPPTK Matematika Daswatia Astuty memberikan pembekalan kepada para pegawai yang akan melaksanakan pelatihan implementasi Kurikulum 2013, di kantor PPPPTK Matematika Yogyakarta. Daswatia Astuty mengatakan kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang panjang yang melewati beberapa proses dan tahapan.

Daswatia berharap kepada seluruh elemen yang ada di PPPPTK Matematika untuk menyatukan hati dan pikiran serta mendedikasikan diri untuk dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya. Ia juga mengingatkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut hendaknya mentaati semua peraturan yang ada baik dari segi program maupun pertanggungjawaban keuangan. “Mari kita menjaga diri supaya kegiatan ini sukses dan membawa manfaat bagi kita semua karena kita adalah duta atau wakil dari lembaga,” kata Daswatia Astuty.

Dalam kesempatan ini disampaikan Kepala Bidang Peningkatan Fasilitasi Kompetensi, Puji Iryanti, menyampaikan laporan persiapan pelatihan. Puji Iryanti menyampaikan persiapan yang sudah dilakukan meliputi: (1) pelatihan narasumber untuk guru sasaran, (2) pelatihan untuk narasumber bagi kepala sekolah, (3) pembekalan kepada panitia yang akan bertugas di Provinsi Sumatra Barat. “Selain itu kita sudah pastikan kesiapan kelengkapan pendukung lainnya berupa modul dan alat tulis kantor,” kata Puji.

Puji menambahkan bahwa untuk kelancaran pelaksanaan pelatihan di Provinsi Sumatra Barat akan ada tim yang akan melaksanakan penyamaan persepsi. “Tim ini terdiri tiga orang yaitu dari unsur pejabat struktural, widyaiswara, serta dari administrasi,” tambah Puji.

Sasaran pelatihan di Provinsi DIY berjumlah 151 sekolah yang terdiri dari 20 SD, 57 SMP, 46 SMA serta 46 SMK. Untuk Provinsi Sumatra Barat jumlah sekolah sasaran sebanyak 777 Sekolah yang terdiri dari 322 SD, 239 SMP, 108 SMA, serta 68 SMK. Jumlah total sekolah yang menjadi sasaran pelatihan ini adalah 888 Sekolah yang rencana pelaksanaannya terbagi dalam tujuh tahap pelaksanaan. (Nur Widiyanto)

No Responses

Leave a Reply