Pelajari Proses Layanan Publik, LPMP Sultra Kunjungi ULT Kemendikbud

 Pendidikan

Jakarta, — Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbud menerima kunjungan dari ULT Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tenggara di Kantor Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (7/5/2018). Irwan Syafei Landouw, Fasilitas Peningkatan Mutu Pendidikan, LPMP Sultra mengatakan bahwa kedatangannya beserta rombongan adalah untuk melihat proses layanan di ULT Kemendikbud.

“Kami ingin mendapat informasi tentang layanan apa saja yang diberikan ULT, bagaimana proses pelayanannya, berapa staf yang bertugas, standar pelayanan apa saja yang dimiliki, serta hal apa yang sering ditanyakan dan diminta masyarakat,” ungkap Irwan.

Kepala Subbagian Layanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Darmawan Wicaksono, mengatakan, para peserta magang akan melihat secara langsung dan terlibat dalam pelaksanaan proses pelayanan publik yang berjalan di ULT didampingi oleh petugas di masing-masing kanal lanayan. “Nanti Bapak dan Ibu akan langsung belajar ke petugasnya sesuai dengan substansi layanan yang Bapak/Ibu pegang di ULT,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, menghadapi masyarakat diperlukan keramahan dan kecepatan merespons. “Respons cepat tidak berarti masalah tersebut selesai saat itu, melainkan kita bisa cepat dalam menanggapi masalah masyarakat,” katanya.

Membangun pelayanan yang baik diawali dengan membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan itu sendiri. “Dulu masyarakat lebih mempercayai pelayanan publik yang bersifat konvensional secara tatap muka. Namun, seiring perkembangan zaman ketika badan publik dapat menjamin kepuasan pelanggannya melalui respons layanan yang baik maka perlahan-lahan masyarakat dapat menerima dan percaya terhadap layanan tidak langsung”. (Denty Anugrahmawaty / Desliana Maulipaksi)

No Responses

Leave a Reply