Mencari Tempat Berlibur Yang Aman

 Opini

Dilaporkan oleh Suryadi H Rachman
Photo oleh Suryadi H Rachman

Libur sekolah telah tiba, betapa gembiranya anak anak sekolah menikmati hari hari tanpa harus pergi ke sekolah. Saat sekolah libur tentu mereka dapat bangun tidur lebih siang dari biasanya.

Sebagian orang tua telah membuat rencana liburan untuk anak anaknya namun sebagian lainnya tidak membuat rencana. Seringkali liburan sekolah terkendala dengan kondisi jalan yang kurang mendukung. Pilihannya adalah pergi liburan kekawasan Puncak, pantai atau cukup seputar Jakarta saja.

Bagi yang akan menuju puncak tentu dibutuhkan tenaga ekstra karena jalan arah Puncak sudah dipenuhi dengan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan panjang. Kemacetan hampir selalu terjadi saat hari libur atau akhir pekan di sepanjang jalur menuju kawasan wisata Puncak. Minat orang tua untuk menikmati libur sekolah ke Puncak tampaknya tak pernah surut.

Begitu juga perjalanan menuju pantai yang kondisinya tidak jauh berbeda kemacetan tidak dapat terhindarkan, terlebih-lebih telah terjadi gelombang besar air laut pasang yang menelan korban jiwa, gelombang air tinggi menerjang pesisir pantai di Selat Sunda yakni Pantai Carita, Anyer, Kabupaten Pandeglang, juga di Serang dan Lampung Selatan. sehingga pergi berlibur ke pantai tidak lagi menjadi pilihan.

Lalu kemana lagi anak anak harus berlibur? Ternyata masih ada pilihan yang belum banyak di lirik orang tua untuk membawa anak-anaknya menikmati masa liburan yaitu dengan mengunjungi museum yang terkait dengan sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa yang tersebar di wilayah Jakarta.

Banyak pilihan museum yang bisa dijadikan tempat wisata untuk dikunjungi seperti Monas, Kota Tua, Museum Gajah, Taman Mini dan masih banyak lagi museum-museum lain di wilayah Jakarta.

Pilihan lokasi liburan wisata museum ini sangat bijaksana karena selain tidak macet, relatif lebih murah juga memiliki nilai pendidikan yang membuat anak-anak mengenal sejarah dengan baik.

No Responses

Leave a Reply