Menag Resmikan Asrama Haji Al Mabrur Palangkaraya

 Nasional

Palangkaraya, — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Gedung Asrama Haji Al Mabrur yang menjadi Embarkasi Antara Haji Palangkaraya. Menurut Menag, pembangunan asrama haji setaraf hotel bintang tiga disesuaikan dengan hotel yang disewa Pemerintah Indonesia di Makkah dan Madinah.

“Harapannya agar sejak di Tanah Air, jemaah haji terbiasa dengan penginapan yang akan ditempati selama menjalani prosesi ibadah haji,” kata Menag di Palangkaraya, Jumat (04/05).

Dibangun dengan biaya sekitar Rp40miliar dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), gedung revitalisasi asrama haji ini dapat menampung sedikitnya 185 jemaah. Embarkasi Antara Palangkaraya ini sendiri pada tahun 2018 akan memberangkatkan 1.617 jemaah haji.

Selain gedung asrama haji, Menag Lukman juga meresmikan 19 gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan di Kalimantan Tengah. Menag berharap jajarannya dapat memberikan “ruh” agar keberadaan gedung baru ini bisa lebih bermanfaat bagi kemaslahatan umat beragama.

“Gedung baru dan sarana ini adalah bangunan fisik, benda mati. Semua benda mati sangat tergantung makhluk hidup yang memanfaatkannya,” kata Menag.

Kepala Kanwil Kemenag Kalteng Masrawan berharap pembangunan asrama haji dapat diteruskan di tahun anggaran berikutnya. Menurutnya, jumlah gedung yang ada saat ini masih kurang. “Harapan kami, ini mendapat dukungan dari Pak Mentri dan Pak Gubernur,” ujarnya.

Hadir pada acara peresmian, Sekda Kalteng mewakili Gubernur yang berhalangan karena sakit Fahrizal Fikri, Kakanwil Kemenag Kalteng Masrawan, Kapolda Kalteng Jafar, para kepala Kankemenag Kabupaten Kota se-Kalteng, Kepala KUA dan para tokoh agama se-Kalteng. (ruwaidah)

No Responses

Leave a Reply