Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Resmi Pimpin Kopassus

 TNI/Polri


Jakarta- Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa telah resmi pemegang tongkat Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Danjen Kopassus Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Eko Margiyono menyerahkan tongkat komando kepada penerusnya, Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa. Upacara penyerahan pasukan ini berlangsung di lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat, (1/2).

“Atas nama pribadi dan keluarga, saya mengucapkan terimakasih yang tulus, dan penghargaan yang tinggi kepada segenap prajurit Kopassus beserta keluarga,” kata Eko dalam sambutannya di upacara tersebut.

Acara penyerahan dimulai pukul 16.00 WIB Serah terima jabatan resmi Danjen Kopassus sudah lebih dulu berlangsung di Guest House TNI-AD, Mabes TNI, Jakarta Timur, Kamis, 31 Januari 2019. Serah terima jabatan dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

I Nyoman Cantiasa menyampaikan, ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Eko Margiyono atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama menjadi Danjen Kopassus selama 10 bulan 10 hari. Setelah dari Cijantung, Eko akan menjadi Panglima Kodam Jayakarta.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya telah menerima penyerahan satuan Kopassus dari Mayjen TNI Eko Margiyono. Dan saya siap melaksanakan tugas sebagai Danjen Kopassus ke-31. Semoga saya dapat menjalankan amanah ini untuk melanjutkan roda organisasi dan tongkat estafet kepemimpinan Danjen Kopassus,” urai I Nyoman Cantiasa.

“Insya Allah saya akan bawa prajurit Kopassus dalam menjalankan tugas-tugasnya yang lebih baik dan profesionalisme. Terutama dalam menjalankan tugas kita harus bekerjasama dengan berbagai instansi terkait, karena kesuksesan tugas tidak lain merupakan kerjasama yang baik dengan berbagai instansi. Kita akan bekerjasama gabungan bersama TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat,” kata I Nyoman Cantiasa.

I Nyoman Cantiasa Merupakan lulusan terbaik Akademi militer Tahun 1990, besar karirnya dihabiskan di Kopassus, terutama di Satuan Anti Teror dan pendidikan pasukan elite itu.

Saat masih menjabat sebagai perwira muda, pria kelahiran Buleleng 26 Juni 1967 ini, pernah menjabat Komandan Tim Den 81 Gultor/Kopassus hingga Dantim Intel Grup 3 Sandhi Yudha.

Kemudian ketika menjadi Mayor, I Nyoman Cantiasa menjadi Komandan Sekolah Komando dan Sekolah Para di Pusdikpassus.

Di sini para prajurit Kopassus digembleng untuk bertempur di tiga matra, darat, laut dan udara.

Naik menjadi Letnan Kolonel, dia menjabat Dandenma Kopassus di Cijantung. Lalu menjadi Dansat-81 Kopassus tahun 2010.

Saat menjadi Kolonel dia memegang posisi Komandan Pusdikpassus di Batujajar tahun 2012. Lalu mendapat tugas di teritorial sebagai Danrem 163/Wirasatya (2015).

Bintang di pundaknya diraih saat menjadi Danrem 173/Praja Vira Braja tahun 2017 lalu digeser menjadi Kasdam XVII/Cenderawasih di Papua pada 2018 awal.

Setelah itu dia kembali ditarik ke Jakarta menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI.

Berdasarkan putusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019 Tertanggal 25 Januari 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa resmi jabat Komandan Jenderal Kopassus.(Putra).

No Responses

Leave a Reply