Kolinlamil Peringati Hari Nusantara 2018

 TNI/Polri

Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.(Dispen Kolinlamil).

Jakarta- Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan upacara peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (13/12).

Upacara dengan Inspektur Upacara Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Kolinlamil Kolonel Laut (P) Soleh MSc, dan Komandan upacara Letkol Laut (KH) Subarja ini diikuti seluruh Prajurit dan PNS di jajaran Kolinlamil.

Peringatan Hari Nusantara tersebut diadakan untuk mengingatkan Bangsa Indonesia tentang konsep Wawasan Nusantara yang dideklarasikan oleh Ir H Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957.

Tema peringatan hari Nusantara 2018 adalah “Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda” dan puncak kegiatan terpusat di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018, dalam amanatnya yang disampaikan oleh Kadiskum Kolinlamil mengatakan, konsep Archipelagic State yang dicetuskan dan dideklarasikan oleh Ir H Djoeanda (Deklarasi Djoeanda) pada 13 Desember 1957 kepada dunia menegaskan, bahwa Republik Indonesia mempunyai kedaulatan penuh terhadap perairan antar pulau.

Deklarasi Djoeanda akhirnya masuk dan ditetapkan dalam konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui United Nation Convention On Law Of The Sea atau UNCLOS pada tahun 1982 yang mengakui konsep negara kepulauan.

Lebih lanjut disampaikan, Peringatan Hari Nusantara ini bertujuan meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang bercirikan Nusantara. Oleh karena itu, segenap bangsa Indonesia wajib memperingatinya dengan cara menyelenggarakan kegiatan di setiap instansi, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah-sekolah, dan masyarakat umum.

Ditunjuknya Kabupaten Banggai tentunya bukan tanpa alasan. Walaupun tidak sebesar Ibu Kota provinsinya, daerah yang berjarak kurang lebih 610 km dari Kota Palu ini menyimpan potensi wisata yang luar biasa dan memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting bagi pertumbuhan ekonomi lokal. Herwin juga ingin dunia melirik keindahan alam yang dimiliki Banggai dan bisa dijadikan salah satu pusat wisata andalan Indonesia berlevel internasional.

Peringatan Hari Nusantara yang diadakan di Mako Kolinlamil dihadiri para Kadis/Kasatker Kolinlamil, dan para Komandan unsur yang berada di Pangkalan Jakarta, demikian di Satlinlamil Surabaya peringatan Hari Nusantara juga dilaksanakan yang dipimpin Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto.(Putra).

Sumber: Dinas Penerangan Kolinlamil.

No Responses

Leave a Reply