Kadispenad: Serah Terima Tujuh Jabatan Strategis, Proses Alamiah Regenerasi Kepemimpinan TNI AD

 TNI/Polri


Jakarta- Upacara penyerahan jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), dan Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad).

Serah terima lima (5) jabatan strategis Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) lainnya, merupakan proses alamiah dalam regenerasi kepemimpinan TNI AD.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) dalam rilis tertulisnya, Jakarta, Senin (10/12).

Pelaksanaan Sertijab yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa berlangsung di Aula Jenderal Besar AH Nasution, Mabesad.

Dalam upacara tersebut, diawali dengan penyerahan jabatan Pangkostrad dari Kasad kepada Mayjen TNI Besar Harto Karyawan dan jabatan Asisten Perencanaan Kasad (Asren Kasad) dari Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto kepada Kasad.

“Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto menggantikan Mayjen TNI Johny Lumban Tobing yang akan memasuki masa pensiun, sebagai Irjenad.

Kemudian, dikarenakan pengganti beliau (Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto) belum ada dan sambil menunggu pengganti selanjutnya, jabatan Asrena Kasad diserahkan kepada Kasad,” kata Brigjen TNI Candra Wijaya.

Selain penyerahan dua jabatan tersebut, dilaksanakan Sertijab Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen TNI Wuryanto kepada Mayjen TNI Mochamad Effendi, Komandan Pusat Intelijen Angkatan Darat (Danpusintelad) dari Brigjen TNI Djaka Budhi Utama kepada Brigjen TNI Sonny Aprianto, Direktur Perbekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Dirbekangad) dari Brigjen TNI Taat Agus Budianto kepada Kolonel Cba Helly Guntoro, serta Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) dari Brigjen TNI Arief Budiarto kepada Kolonel Cku Eri Radityawara Hidayat.

“Sementara itu untuk jabatan Pangdam III/Slw diserahkan dari Mayjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Mayjen TNI Tri Soewandono,”kata Kadispenad

Dijelaskan oleh Kadispenad bahwa kegiatan Sertijab merupakan kegiatan yang rutin dilakukan dan merupakan proses alamiah dalam regenerasi kepemimpinan dilingkungan TNI khususnya Angkatan Darat.

“Ini penting, selain dalam rangka penyegaran organisasi juga untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas organisasi, serta bagian dari strategi organisasi dalam mengantisipasi setiap perkembangan dan dinamika tuntutan tugas yang demikian kompleks dan dinamis,” tegasnya.

“Selain itu, pergantian pejabat juga merupakan bagian dari mekanisme sistem pembinaan personel guna mewujudkan TNI AD yang profesional, modern, dan adaptif,” sambung Kadispenad.

Dalam rangkaian upacara yang berlangsung secara sederhana namun khidmat tersebut, juga dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas yang dipimpin oleh Kasad.

“Penandatanganan pakta integritas, menegaskan TNI AD senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan tata kelola organisasi yang bersih, transparan dan bebas dari korupsi,” pungkas Kadispenad.

Usai upacara penyerahan jabatan dan Sertijab dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Kasad yang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny Hetty Andika Perkasa kepada para pejabat yang melakukan Sertijab dengan didampingi istri masing-masing, diikuti Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan istri, serta pejabat teras TNI AD lainnya.(Putra).

Sumber: Dinas Penerangan Angakatan Darat (Dispenad).

No Responses

Leave a Reply