Kabupaten Magelang Desa Seribu Pesona

 Daerah

Penulis bersama penduduk desa baleagung.

Magelang – Luas wilayah kabupaten Magelang adalah 1.085,73 km persegi dengan ibu kota Mangkid.

Kata Magelang berbagai versi coba untuk menjabarkannya, namun kata magelang terkenal saat ini adalah bahwa Magelang mempunyai arti yang terdiri dari kata yang berasal dari kata ” tepung gelang ” artinya adalah mengepung rapat seperti gelang.

Konon katanya pemberian nama magelang untuk mengenang raja jin Sonta, yang dikepung didaerah tersebut oleh pasukan Mataram sebelum akhirnya meninggal di tangan pangeran Purbaya.

Dalam sejarahnya kabupaten Magelang pada tahun 1812 letnan gubernur Sir Thomas Stamford Raffles kali pertama mengangkat bupati Magelang pertama bernama Ngabei Danuningrat sebagai bupati dengan gelar Adipati Danuningrat.1.

Kabupaten Magelang mempunyai 21 kecamatan. Kabupaten magelang sendiri berada di cekungan pegunungan. Sementara Kabapaten Magelang sendiri dibatasin dibagian timur (perbatasan dengan kabupaten Boyolali ) terdapat gunung merbabu (3.141) dan gunung merapi (2.912), dibagaian barat (berbatasan dengan kab. temanggung dan wonosobo) terdapat gunung sumbing (3.371), barat daya terdapat pegunungan menoreh.

OBYEK WISATA.
Di kabupaten magelang terdapat banyak obyek wisata diantaranya adalah candi mendut, candi pawon, candi ngawen, candi canggal, selogriyo, gunungsari, lumbung, pendem dan candi asu.

Selain candi obyek wisata lainnya juga tersedia di kabupaten magelang yaitu arung jeram citra elok, kopeng, kolam renang kalibening, payaman, gardu pandang ketep pass, air terjun kedung kayang, gardu pandang babadan, curug silawe, losari, coffe plantation, pemandian air panas candi umbul, dan air terjun sekar langit.

Obyek wisata riligi juga terdapat di kabupaten magelang. Di obyek wisata religi di kabupaten magelang ada dua makam kramat yaitu makam langgar agung pangeran di ponegoro, makam kyai Condro Genu, makam sunan Geseng, dan makam raden santri.

Kabupaten Magelang merupakan kabupaten yang memiliki pesona alam yang masih asri. Sebagai daerah yang mempunyai obyek wisata candi Borobudur sebagai sebuah candi dalam katagori 7 keajaiban dunia dan dilindungi maka menjadi sangat mempunyai arti bila unesco menjaganya ( selesai : penulis legino. Jr)

No Responses

Leave a Reply