Haryanto Surbakti: Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2018 di Kabupaten Bogor Berjalan Lancar dan Damai

 Politik

Bogor- Sekjen RII Adam Rumbaru mengatakan, Kabupaten Bogor sebentar lagi akan mengadakan pesta rakyat yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak. oleh karena itu, untuk menghindari adanya berbagai konflik di Kabupaten Bogor.

“Kami dari Rumah Inspirasi Indonesia (RII) mengadakan Dialog Publik dan Deklarasi Pilkada Damai 2018, dengan tujuan selamatkan Pilkada damai 2018, selamatkan Jawa Barat dari konflik sosial dan sara,” kata Adam Rumbara selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Rumah Inspirasi Indonesia saat acara Deklarasi Pilkada Damai 2018 di Aula Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bogor, Jum’at (27/4).

Menurut Ketua KPUD Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti menjelaskan, jumlah pemilih di Kabupaten Bogor mencapai hingga 3,3 juta, pemilih ini termasuk terbesar di Indonesia dengan lingkup ruang Kabupaten. “Dalam proses Pemilu kami telah menyiapkan 3 komponen, dan 3 komponen ini tidak dapat dipisahkan yaitu 1. Penyelenggara, 2. Peserta, dan 3. Pemilih,” ujar Ketua KPUD Kabupaten Bogor

Dia Menjelaskan, Kabupaten Bogor sudah siap dari penyelenggara yaitu yaitu sebanyak 1050 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sementara di Kabupaten Bogor sendiri sudah ada 5 pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor yang sudah ditetapkan oleh KPU, dan pemilih diwajibkan mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

“Saya berharap dengan kesiapan 3 komponen tadi, Kabupaten Bogor sudah siap untuk menjalankan Pilkada serentak 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berjalan dengan lancar dan sukses. mudah-mudahan tidak ada konflik yang begitu ricuh yang dapat menimbulkan kegaduhan suasana Pilkada serentak maupun Pilpres serta dapat mengakibatkan perpecahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama konflik Sara dan Sosial,” harap Haryanto.

“Alhamdulillah, selama ini kampanye untuk Pilkada berjalan lancar aman, dan sukses tanpa adanya kegaduhan. Karena kami sangat bekerjasama dengan Aparat serta para pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati. Jadi, saya himbau kepada masyarakat bahwa Pilkada itu bukan suatu yang menakutkan akan tetapi awal dari demokrasi warga sebagai hak pilihnya,” imbuh Haryanto.(Putra).

No Responses

Leave a Reply