Bakamla Jajaki Kegiatan Lanjutan Desa Maritim Kuala–Sambas

 TNI/Polri


Sambas- Bakamla RI melanjutkan program pembinaan Desa Maritim tahun 2019. Dalam rangka tindak lanjut kegiatan pemberdayaan masyarakat di salah satu Desa Maritim yaitu Desa Kuala.

Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Sambas Mayor Bakamla Arief Purwantono SE, dan Kepala Desa Kuala Himawan membahas rencana selanjutnya, di Kantor Kepala Desa Kuala, Kec. Selakau, Kabupaten Sambas, Prov. Kalimantan Barat, Rabu (6/2).

Pembinaan Desa Maritim merupakan program yang diusung Bakamla RI, dalam hal ini yaitu Direktorat Kerjasama Subdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut. Pasalnya, masyarakat pesisir yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan memiliki potensi besar untuk turut serta berperan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut. Mereka inilah yang ada di basis terdepan, yang paling awal mengetahui saat ada kejadian di laut. Sehingga mereka merupakan mitra Bakamla di laut.

Oleh karena itu, melalui Program Desa Maritim Bakamla RI berupaya terus meningkatkan pemberdayaan masyarakat pesisir, diantaranya yaitu melalui kegiatan pelatihan Basic Safety Training–Kapal Layar Motor (BST-KLM) yang pernah dilakukan sebelumnya. Melalui pelatihan ini, masyarakat nelayan dibekali dengan kemampuan menyelamatkan diri sendiri maupun menyelamatkan orang lain pada saat menemui kejadian kecelakaan laut.

Selain itu, masyarakat pesisir diedukasi agar lebih awas terhadap pelanggaran yang terjadi, dan terutama agar tidak melakukan pelanggaran pada saat mencari nafkah di laut sehari-harinya. Bukan itu saja, pembinaan terhadap masyarakat desa maritim diharapkan dapat menyasar ke potensi perekonomian di wilayah masing-masing.(Putra).

Sumber: Humas Bakamla RI.

No Responses

Leave a Reply