Babinsa Cawas Bersama Petugas Kesehatan adakan PE DBD di Desa Pakisan

 Olah Raga Dan Kesehatan


Klaten- Bergerak cepat Guna antisipasi berkembang-biaknya nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Babinsa Koramil 20 Cawas Kodim 0723/Klaten Pelda Sujadi bersama petugas Puskesmas Cawas, Bidan Desa dan Perangkat Desa Pakisan mengadakan Penyelidikan Epidimiologi (PE) DBD dengan melakukan pemeriksaan jentik- jentik di RT 07/04 Dukuh Klegen di Desa Pakisan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.

Bertindak Cepat karena terdapat salah satu warga yang terkena Demam berdarah atas nama Syafrudin Anwar (18) yang saat ini masih di rawat di Rumah Sakit Islam Cawas.

Warga di lingkungan tersebut, khususnya mereka yang tinggal di Dukuh Klegen RT 07/04 Desa Pakisan terlihat antusias menyambut kegiatan yang diadakan para anggota Babinsa dan Petugas Kesehatan sebab dengan demikian dapat mencegah jatuhnya korban lebih banyak lagi akibat DBD.

Babinsa Desa Pakisan Pelda Sujadi turut mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD.

“Kami juga minta agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan sekitar,” jelasnya.

Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini,” tegasnya.

“Selain dengan langkah 3M, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan air serta akan di adakan Fogging atau Pengasapan,” jelasnya.

Hasil PE DBD Demam Berdarah hasilnya akan segera dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Pungkasnya.(Putra).

Sumber: Dinas Penerangan Dandim 0723/Klaten.

No Responses

Leave a Reply