Antusiasme Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pemilu Masih Rendah

 Politik

Jakarta – Sejak dibukanya pendaftaran penyelenggara Pemilu atau Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) provinsi maupun KPU Kabupaten/ Kota masih belum maksimal. hal tersebut terlihat dari peserta yang mendaftar di KPU Provinsi DKI Jakarta, masing-masing kotamadya tidak lebih dari 2 – 6 orang peserta, terutama di KPU Kota Jakarta Pusat pada tanggal 12/3/2018 tercatat baru 6 orang peserta yang mengembalikan formulir kepesertaan.

sementara untuk kabupaten kepulauan seribu yang terdaftar baru 1 orang, hal tersebut terpaksa haru diundur sampai tanggal 15/3/2018. dari data yang diterima jumlah peserta yang mengembalikan berkasnya ke KPU Provinsi DKI Jakarta, untuk Jakarta Timur sebanyak 8 orang, Jakarta Utara 6 orang, Jakarta Pusat 6 orang, Jakarta Selatan 2 orang, dan Jakarta Barat 3 orang, kepulauan seribu 1 orang.

Minimnya kepesertaan untuk mengikuti seleski calon anggota KPU pada masing-masing kotamadya masih belum optimal. untuk itu panitia berusaha untuk memenuhi kuota tersebut. berdasar data tersebut peserta yang mendaftar adalah dari kalangan Muhammadiyah.

hal tersebut tentunya menjadi pertanyaan bagi pimpinan di Muhammadiyah mengapa ini bisa terjadi. peserta yang dikoordinir oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ini tentunya sudah berupaya untuk mengajak kepada warga Muhammadiyah berperan aktif pada tahun politik 2018 agar bisa masuk kedalam lembaga penyelenggara Pemilu.

sebelumnya juga ketika Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) dan Panitia Pemilihan Suara ( PPS ) pada masing-masing kecamatan dan kelurahan juga masih belum signifikan, bahkan pada tingkat PPK masih ada kecamatan yang tidak terisi, belum lagi ditingkat PPS, sebanyak 44 kelurahan kader-kader Muhammadiyah tidak maksimal untuk berperan aktif dipenyelenggaraan pemilu. (leg)

No Responses

Leave a Reply