Aksi Pekerja Di Istana Merdeka

 Umum

JAKARTA – Sekitar 5000 anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berdemo di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Presiden FSPMI sekaligus Presiden KSPI, Said Ikbal mengatakan kegiatan itu dilaksanakan sekaligus dalam merayakan HUT ke-20 FSPMI.

“Pada hari ini FSPMI merayakan hari ulang tahunnya ke-20, kami merayakan tidak berhura-hura atau bersenang-senang karena keprihatinan kaum buruh pada saat ini masih di bawah batas garis kemiskinan,” katanya saat ditemui di lokasi, Rabu (6/2/2019).

“Karena itu kami berdemonstrasi sesuai konstitusi menyampaikan tuntutan-tuntutan pada pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo dan serempak di 20 kota-kota industri,” lanjut dia.

Ia menyebutkan ada beberap tuntutan yang mereka sampaikan pada hari ini, di antaranya mengenai lapangan pekerjaan, kemudian ancaman PHK dan dampak revolusi industri 4.0.

“Kemudian isu mengenai BPJS Kesehatan menolak permenkes No.51 tahun 2018 dimana ada urun biaya, lalu cabut PP No. 78 tahun 2015 tentang upah yang murah kemudian kita juga minta stop outsourching dan pemagangan,” jelas Said.

“Terakhir kami minta ojek online, kami minta drivernya bonus diberikan Rp 4000 sampai 5000 perkilometer bukan Rp 2000 sampai 2500,” tambahnya.

Said menyampaikan usulan ini sudah pihaknya sampaikan ke pemerintah, baik ke menteri tenaga kerja maupun Presiden melalui surat yang dikirimkan dan juga tentu melalui teman-teman media.

“Tidak ada pertemuan dengan KSP maupun pihak istana yang menerima karena lebih memang dalam penyampaian anspirasi,” ujarnya.

Said mengatakan bila usulan tersebut tidak didengarkan, tentu ini akan menjadi isu gerakan buruh hingga pemilihan presiden.

“Karena pemilihan presiden menjadi penting untuk kawan-kawan buruh,” ungkap dia.

Pantauan wartawan, massa melakukan long march dari Patung Kuda hingga tiba di sekitar Gedung Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan sekitar pukul 11.34 WIB.

Sekitar pukul 11.52 WIB massa mulai bergerak menuju Taman Inspirasi Monas.

Kemudian pukul 12.29 WIB massa mulai membubarkan diri menuju bus mereka yang terparkir di Parkiran Monas.

Said menjelaskan bila massa yang dari Monas akan bergabung bersama massa yang sudah berada di Sport Mall Kelapa Gading.

Menurutnya, di sana mereka renacananya  akan mendengar pidato kebangsaan dari Prabowo Subianto.

“Kami meminta beliau pidato kebangsaan dihadapan buruh mengenai komitmen kontrak politik buruh dengan Pak Prabowo 10 Tura (Tuntutan Buruh dan Rakyat) harus ditegaskan kembali oleh beliau,” katanya

No Responses

Leave a Reply